F.A.Q. (Frequently Asked Question)

OFEST | ZERO WASTE | PENDAFTARAN | MINI EXPLORATION

F.A.Q. OFEST

Apa itu OFEST 2017?

OASE FESTIVAL (OFEST) 2017 adalah sebuah festival yang diselenggarakan oleh PASUKAN PENGGALANG PRAMUKA OASE yang menjalankan pendidikan berbasis keluarga atau Homeschooling untuk berbagi pengalaman belajar melalui perjalanan eksplorasi. 

OFEST 2017 terdiri atas: sharing, drama musikal, atraksi wushu, seminar, workshop anak, pojok board games, dan bazar.

Untuk membuat Anda dapat merasakan seperti apa persiapan sebuah perjalanan eksplorasi, kami menyiapkan Permainan Mini Exploration yang bisa diikuti sepanjang bulan September 2017.

Untuk Anda yang berada di luar kota/tidak dapat hadir, tenang saja! Anda dapat merasakan keseruan OFEST 2017 melalui permainan Mini Exploration

OFEST 2017 akan diselenggarakan dengan prinsip minim sampah (zero waste). Informasi lebih lanjut lihat FAQ ZERO WASTE.

Kegiatan OFEST merupakan cara penggalangan dana yang dilakukan oleh Pasukan Penggalang Pramuka Gudep Persiapan OASE untuk untuk melakukan perjalanan eksplorasi (OASEksplorasi) 2017.

Siapa yang mengadakan OFEST 2017?

OFEST 2017 diselenggarakan oleh 24 anak homeschooling usia 11-16 tahun yang tergabung dalam Pasukan Penggalang Pramuka Gudep Persiapan OASE. 

Apa itu OASEksplorasi?

OASEksplorasi adalah sebuah kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak homeschooling yang tergabung dalam Pasukan Penggalang Pramuka Gudep Persiapan OASE yang melakukan perjalanan mandiri dan riset tentang sebuah topik tertentu ke luar kota tanpa orang-tua, dan gawai.

Pada tahun 2016, peserta OASEksplorasi melakukan sebuah perjalanan eksplorasi ke Bandung, Jawa Tengah, dan Yogyakarta untuk mempelajari pangan lokal dan asal-muasal makanan mereka. Sebelum melakukan ekspedisi, mereka melakukan berbagai persiapan selama empat (4) bulan. Beberapa kegitatn persiapan OASEksplorasi 2016 itu bisa dimainkan di MINI EXPLORATION!

Tahun ini peserta OASEksplorasi ingin melakukan sebuah ekspedisi ke pulau/pantai untuk mempelajari tentang lingkungan dan navigasi. Untuk persiapan tahun ini anak-anak sedang mencari dan menyiapkan dana sendiri untuk pergi melakukan ekspedisi.

Kenapa saya harus ikut OFEST 2017?

OFEST 2017 adalah acara yang tepat bagi Anda yang ingin tahu lebih lanjut tentang bagaimana anak-anak homeschooling berkegiatan, khususnya memanfaatkan perjalanan (traveling) sebagai sarana pembelajaran, dan bagaimana orangtua peserta OASEksplorasi mempersiapkan anak-anaknya untuk melakukan perjalanan eksplorasi tanpa orang tua.

Apa saja acara yang ada dalam OFEST 2017?

OFEST pada hari Sabtu, 16 September 2017 adalah festival satu hari yang terdiri kegiatan:

    • Sharing tentang persiapan dan pengalaman belajar melalui perjalanan eksplorasi oleh Peserta OASEksplorasi 2016 dan kak Shanty Syahril (mentor OASEksplorasi 2016).
    • Drama musikal “Lautku Bersih” oleh  OASE Junior (usia < 7 tahun) dan “Penyu Raja Kelana” oleh OASE Siaga (usia 7-10 tahun).
    • Atraksi wushu oleh Yla, Vyel, dan Ziel
    • Seminar tentang menggunakan perjalanan (traveling) sebagai kegiatan pembelajaran dalam proses homeschooling dengan pembicara: Aar Sumardiono (founder Rumah Inspirasi) dan Raken Asri (praktisi homeschooling) dimoderatori oleh Irma Nugraha (praktisi homeschooling).
    • Workshop ⁠⁠⁠Tekhnik Dasar Fotografi bersama Kak Rian (Arianta Photography) dan Workshop menggambar bersama Kak Febrian (@coretan_harian)

Permainan Mini Exploration, merupakan kegiatan pendukung OFEST 2017 yang bisa diikuti peserta dari mana saja dengan mendaftar terlebih dahulu secara online untuk mendapat petunjuk. Ada 5 tantangan/permainan yang akan dimainkan oleh keluarga. Keluarga yang berhasil menyelesaikan seluruh permainan tepat waktu akan mendapatkan sertifikat dan berhak mengikuti undian berhadiah dari sponsor/pendukung OFEST 2017. Permainan Mini Exploration bisa dikuti dari mana saja pada tanggal 4-28 September 2017. Lihat lebih lanjut FAQ Permainan Mini Exploration.

Saya bukan keluarga Homeschooler, tapi saya ingin ikut. Bagaimana?

Tentu saja bisa. Acara ini ditujukan untuk umum, bukan hanya untuk keluarga Homeschooler saja, karena siapa saja bisa belajar dari perjalanan.

Kapan OFEST 2017 diadakan?

OFEST 2017 akan diadakan pada hari Sabtu, 16 September 2017

Berapakah biaya OFEST 2017?

Harga tiket untuk mengikuti OFEST 2017 adalah Rp. 100.000/orang dan anak diatas 6 tahun membayar penuh. Dengan membayar tiket ini Anda akan mendapatkan snack pagi, makan siang, air isi ulang, serta kesempatan untuk mengikuti semua rangkaian acara.

Di manakah OFEST 2017 akan diadakan?

OFEST 2017 akan diadakan di Museum Bank Mandiri yang berada di seberang Stasiun Jakarta Kota dan Halte Transjakarta Stasiun Kota

Apakah anak bisa dibawa ke acara OFEST 2017?

Untuk anak yang berusia di atas 6 tahun, panitia menyediakan pojok bermain board games yang aman dan seru. Panitia tidak menyediakan ruang khusus dan pendamping untuk anak di bawah 6 tahun. Tersedia Pojok Menyusui.

F.A.Q. ZERO WASTE

⁠⁠⁠OFEST 2017 menerapkan prinsip-prinsip acara minim sampah (jirowes). Konsep zero waste merupakan tradisi yang sudah diterapkan dalam acara-acara Klub Oase sejak tahun 2015.

Bagaimana penerapan zero waste dalam OFEST

- Panitia menyiapkan snack, makan siang, & air untuk isi ulang.
- Tiap peserta harap membawa botol minum/tumbler, wadah snack, wadah makan siang, & sendok masing-masing.
- Stand bazar tidak menyediakan wadah sekali pakai & kantong belanja. Harap membawa wadah pakai ulang & tas belanja bila ingin berbelanja.

FAQ Pendaftaran

Bagaimana cara mendaftar Festival OFEST 2017?

Peserta dapat mendaftar melalui Offical Page kami di http://Ofest.Kluboase.com untuk mengisi form pendaftaran yang sudah tercantum.

Setelah melengkapi form pendaftaran, email konfimasi pendaftaran akan dikirimkan oleh panitia ke alamat email anda dengan informasi petunjuk pembayaran. Pendaftar diharapkan untuk melakukan transaksi dalam jangka waktu 1x24 jam dari waktu pengiriman email oleh panitia. Jika sudah melakukan transfer dan konfirmasi, peserta akan mendapat tanda peserta OFEST 2017.

Jumlah kursi yang tersedia hanya 200. Karena jumlah kursi terbatas, ada kemungkinan beberapa peserta akan masuk kedalam waiting list. Jika Anda masuk kedalam waiting list, Anda akan segera diinformasikan apabila ada kursi kosong yang tersedia.

Bagaimana cara mendaftar Mini Exploration?

Peserta dapat mendaftar melalui Offical Page kami di http://Ofest.Kluboase.com untuk mengisi form pendaftaran yang sudah tercantum.

Setelah melengkapi form pendaftaran, email konfimasi pendaftaran akan dikirimkan oleh panitia ke alamat email anda dengan informasi petunjuk pembayaran. Pendaftar diharapkan untuk melakukan transaksi dalam jangka waktu 1x24 jam dari waktu pengiriman email oleh panitia. Jika sudah melakukan transfer dan konfirmasi, peserta akan mendapat tanda peserta OFEST 2017.

Bisakah saya mendaftar di tempat?

Karena keterbatasan tempat, kami tidak menerima pendaftaran di tempat.

Bagaimana cara mendaftar workshop anak?

60 anak pertama yang mendaftar berhak memilih ikut workshop fotografi atau menggambar. Form pendaftaran workshop anak akan dikirim lewat email dalam jangka waktu 1x24 jam setelah pembayaran tiket OFEST 2017 dilakukan.

Bagaimana mengklaim BONUS Stand Bazar OFEST 2017?

Bonus stand bazar dapat diklaim selama persediaan masih ada. Untuk mengklaim, Koordinator Komunitas mengumpulkan nama-nama anggota komunitasnya yang sudah melunasi pembelian 20 tiket OFEST 2017 atau permainan Mini Exploration, lalu menyerahkannya kepada narahubung OFEST 2017. Panitia Bazar OFEST 2017 akan menindaklanjutinya dalam jangka waktu 1x24 jam.

Apa syarat dan ketentuan Bazar OFEST 2017?

  • Barang adalah karya buatan anak-anak atau produk usaha milik anak. Barang bisa hanya dipamerkan atau dijual.
  • Bazar menerapkan prinsip bebas sampah. Peserta bazar tidak diperkenankan memberikan kantong plastik kresek. Untuk materi promosi disarankan versi digital, bukan cetak.
  • Peserta mengisi formulir pendaftaran bazar dan bersedia memenuhi ketentuan yang berlaku. Panitia berhak membatalkan keikutsertaan apabila tidak sesuai ketentuan.

Berapa jumlah Stand Bazar yang tersedia?

6 stand bazar

Apa fasilitas yang didapat untuk Stand Bazar OFEST 2017?

  • Area stand ukuran 1,2 m x 1 m
  • Kursi 2 buah
  • Panitia tidak menyediakan meja. Peserta harap membawa sendiri. Ukuran maksimal meja adalah 120 cm x 60 cm

FAQ MINI EXPLORATION

Apa itu Mini Exploration?

Mini Exploration adalah sekumpulan permainan seru yang didasarkan pada persiapan OASEksplorasi 2016. Kegiatan ini bisa diikuti peserta dari mana saja.

Berapakah biaya mengikuti Mini Exploration?

Harga tiket untuk mengikuti Mini Exploration adalah Rp. 50.000/keluarga. Dengan membayar tiket ini Anda dapat mengikuti berbagai permainan seru yang memberikan contoh bagaimana cara menyiapkan anak Anda untuk melakukan ekspedisi!

Jika peserta menyelesaikan semua permainan yang ada, peserta juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti undian door prize dengan berbagai hadiah keren seperti Membership Digital Mommie, Voucher Workshop SHINE, atau WPAP GRATIS!

Kapan Mini Exploration diadakan?

Mini Exploration akan diadakan mulai tanggal 4 September hingga tanggal 28 September.