Share on facebook
Share on twitter

When I say a lot has happened this year, I mean it.

Bagi kami, anak-anak homeschooling, tahun 2018 adalah tahun superpadat dengan kegiatan di Pramuka Oase.


Seperti tahun sebelumnya, kegiatan Pramuka Oase dibagi menjadi 3 kelompok berdasarkan umur, yaitu Oase Junior, Oase Siaga dan Oase Penggalang. Kami Penggalang, melakukan berbagai jenis kegiatan bersama kakak-kakak Sekala Petualang.

Ketika itu, kami mempelajari cara membaca dan membuat peta, membuat simpul penting, membuat jurnal alam, hingga praktek ke IPB (Institut Pertanian Bogor), bersama kakak-kakak Sekala Petualang. Satu-satunya hal yang tidak dilakukan bersama Sekala Petualang adalah Kemping Ceria di Loji Nenek bersama komunitas lain.

Kemping Ceria di Loji Nenek

Eksplorasi Tahunan : Kemping dan Kemping!

Mengikuti jejak tahun 2016 dan 2017, kami melakukan eksplorasi tahunan pada akhir term 1. Agak mirip dengan tahun lalu, kami pergi untuk melakukan eksplorasi pulau-pulau di Kepulauan Seribu. Jika di tahun 2017 kami hanya menetap di Pulau Harapan dan memiliki kegiatan sendiri-sendiri, maka kali ini kami berganti-ganti tempat singgah hingga 4 pulau.

Banyak sekali yang dapat aku ceritakan dari perjalanan ini. Dari botol milik Fakhri yang menciut karena teh hangat, sampai pengalaman kemping di pulau yang memiliki kuburan di sisi lainnya. Tapi mungkin itu cerita untuk lain hari.

OASEksplorasi 2018

Dan tahukah kamu, di tengah-tengah term pertama, kami kemping lagi! Tapi kali ini bukan hanya anak-anak, tetapi kemping keluarga. Ternyata orangtua Oase sangat bersemangat dan memutuskan untuk mengadakan acara kemping lebih meriah di camping site yang lebih luas. Inilah cikal bakal lahirnya Kemping Jangkar 2018.

Kemping Keluarga

Pementasan Drama Oase Junior dan Oase Siaga

Sebelum kegiatan kemping Jangkar 2018, ada milestone lain, dan kali ini dari Oase Siaga dan Junior. Beberapa hari setelah Penggalang Oase pulang dari petualangan di Kepulauan Seribu, ada sebuah acara pementasan drama oleh Siaga dan Junior.

Drama itu berdasarkan sebuah kisah tentang si Kancil. Semua anak memainkan perannya, ada yang menjadi narator, pohon, manusia, binatang hutan, bidadari, dan tentunya si Kancil.

Pentas Drama si Kancil

Kemping Keluarga Jangkar 2018

Kemping keluarga Jangkar 2018, yang diadakan bulan Agustus, di Cibodas Camping Ground, merupakan acara besar–mungkin sangat besar–di Oase pada 2018!

Acara berlangsung selama 3 hari 2 malam di sebuah lapangan golf yang luaaaaaaas sekali. Hampir 500 orang peserta dari berbagai kota di Indonesia hadir dan mengikuti kemping bersama. Waw!

Walaupun lapangan sangat luas, ke pojok manapun kita pergi kita selalu akan menemui kelompok kecil sedang ngerumpi atau bermain. Keseluruhan acara dipenuhi dengan workshop dan seminar yang diisi orangtua atau anak-anak Oase, dijaga oleh KruTik (Kru Titik) yang juga anak-anak.

Droneshot JANGKAR 2018

Aneka “Juru” di Term Kedua

Pada term kedua 2018, kegiatan Pramuka Oase dibagi berdasarkan unit kegiatan. Ada Juru Kayu tempat kami belajar mengolah kayu menjadi frame, rak sepatu, atau bangku. Lalu, Juru Bicara sebagai tempat belajar public speaking dalam bahasa Inggris.

Juga Juru Tulis tempat belajar menulis, Juru Media atau Oase Media tempat kami berkolaborasi membuat aneka video informatif. Tak lupa ada juga Juru Foto, tentu saja kegiatan yang berhubungan dengan fotografi dan Juru Rupa, yaitu kegiatan eksplorasi gambar menggambar!

Yang menyenangkan, semua kegiatan ini dikawal oleh para mentor yang notabene adalah para orangtua praktisi homeschooling. Para orangtua ini membawahi kegiatan sesuai dengan keahlian dan profesionalitas masing-masing.

Seru, yaa!

OFEST 2019

Nah, kami sedang apa sekarang?

Well..

Secara resmi semua kegiatan Oase 2018 telah selesai, tetapi beberapa dari kami masih bersiap-siap untuk OFEST 2019, loh! Kami menjadi panitia untuk menghadirkan acara seminar, berbagi cerita tentang homeschooling dan aneka kegiatan seru lainnya.

OFEST 2019 dikemas lengkap dengan beragam pilihan seminar untuk orangtua dan kegiatan seru untuk anak-anak. Jadi, untuk siapapun yang ingin tahu lebih detail dan jelas tentang apa itu homeschooling, bisa daftar dan datang ke OFEST 2019, ya.

Sampai jumpa!

Artikel Lainnya

OFEST 2017 vs OFEST 2019

Apakah teman-teman masih ingat acara OFEST 2017? Yang jelas kuingat adalah, acara OFEST 2017 merupakan acara yang sungguh berkesan. Dua tahun berlalu, kini kami para penggalang OASE sedang mempersiapkan OFEST 2019! Yeaaayyyyy!

CARI TEMAN, GABUNG OASE

Aku menyelesaikan pendidikan sekolah dasarku hingga kelas 3 SD di tahun 2013. Hm, bukan karena aku terlalu cerdas, tapi aku merasa bosan dan ingin mencoba bersekolah di rumah atau homeschooling. Maka mulai naik kelas 4, ruangan kelasku tidak lagi di SD Penggilingan 07 Pagi, melainkan di rumah.

Pengalaman Unik Sebagai Anak Homeschooling

Masih kuingat ketika itu waktu menunjukkan pukul tujuh pagi, tetapi sudah banyak terdengar riuh rendah suara di sebuah suasana yang begitu sibuk. Aku dan teman-teman OASE Penggalang larut dalam kesibukan itu, bertepatan dengan kegiatan OFEST 2017 di Museum Bank Mandiri.

Panitia OFEST 2019

OFEST 2019 diselenggarakan oleh Pramuka Penggalang dan Penegak OASE, yang terdiri dari 36 anak usia 11-17 tahun.

Anggota Pramuka OASE adalah anak-anak yang menjalani homeschooling atau pendidikan berbasis keluarga (homeschooling/home education). 

Klub OASE 2018-2019 © All Rights Reserved. Design by Yudhistira G.S.