Share on facebook
Share on twitter

Masih kuingat ketika itu waktu menunjukkan pukul tujuh pagi, tetapi sudah banyak terdengar riuh rendah suara di sebuah suasana yang begitu sibuk. Aku dan teman-teman OASE Penggalang larut dalam kesibukan itu, bertepatan dengan kegiatan OFEST 2017 di Museum Bank Mandiri.

Rasanya aku tidak percaya, bahwa aku menjadi salah satu tim panitia acara sebesar OFEST! Mataku tak berhenti menatap banyaknya orang yang berlalu alang di sekitarku dengan seribu satu rasa.

“Selamat pagi Om dan Tante, snacknya mau diambil sekarang atau nanti?,” sapaku pada satu keluarga yang baru datang. Abel yang bertugas bersamaku juga melakukan hal yang sama.

Tim Panitia Konsumsi

Ya! Tugasku pagi itu adalah menyapa dan memberikan snack kepada para tamu yang baru datang. Sungguh rasanya aku seperti seorang penjual yang pandai melayani pembeli, sangat menyenangkan! Seru!

Sebagai tim panitia konsumsi, aku dan Abel harus siap membantu tamu di meja konsumsi, diselingi dengan tugasku yang lain yaitu maju ke panggung untuk mempresentasikan materi tentang diriku dan pengalamanku ketika turut dalam Eksplorasi 2016.

Rasanya dag dig dug dan campur baur, karena dua hal itu adalah pengalaman kali pertama aku, melayani tamu dan presentasi depan tamu yang hadir!

Kali Pertama Presentasi

Masih kuingat, pada saat itu kami (Anak Eksplorasi 2016) duduk setengah lingkaran diatas panggung. Walaupun aku duduk diatas panggung bersama teman-teman, tetapi tetap saja rasanya jantung ini bekerja lebih cepat.

Presentasi dibuka oleh Kak Shanty mentor kami, yang menjelaskan tentang “Apa itu Eksplorasi”. Setelah itu barulah kami, masing-masing membawakan presentasi selama lima menit dengan menggunakan slide. Diam-diam aku terus-menerus menghafal poin-poin yang harus aku ucapkan, sambil menunggu giliran. Hingga tiba-tiba namaku dipanggil oleh Kak Shanty untuk memulai presentasi. Seketika percaya diriku bangkit dan berjalan dengan yakin ke tengah panggung. Dari tengah panggung, aku dapat melihat semua peserta yang sedang memerhatikan diriku. Mendadak sontak aku menjadi gugup, dan hampir lupa kalimat apa saja yang harus aku ucapkan. Aku menarik dan menghela napas perlahan. Hingga akhirnya aku dapat memulai presentasi dan menyelesaikannya dengan baik! Yeaaay!

Ternyata, ketika pada awalnya aku takut untuk maju dan bicara dihadapan banyak orang, tetapi dengan aku memberanikan diri, aku jadi tahu bahwa membawakan presentasi dihadapan banyak audiens itu seru banget!

Antrean Semakin Panjang

Presentasiku selesai bertepatan dengan jam makan siang. Aku segera kembali ke meja konsumsi. Kulihat antrean tamu sudah mulai mengular, pada awalnya hanya sedikit orang yang antre, tapi tak lama kemudian antrean terlihat sudah paaanjang sekali! Seperti semut yang sedang berbaris.

Aku dan Abel pun mulai merasa bingung ketika ada beberapa anak- anak yang menyerobot antrean dan saat para tamu tidak membawa kotak makan. Waduh! Di tengah suasana yang sedikit kacau, datanglah Kak Afri yang membantu kami. Ah, lega rasanya.

Semakin siang, acara semakin ramai, aku mulai merasa lelah, sekaligus merasa sangat senang dapat melayani para tamu yang datang, walau sedikit kewalahan. Tetapi, aku sadar ini adalah tugasku dan aku menikmatinya.

Ketika jam makan siang sudah lewat, aku berpikir tugasku sudah selesai dan tidak ada lagi yang akan mengambil makan siang, waaah ternyata aku salah!  Ternyata masih ada beberapa panitia yang mengantre untuk mengambil makan siang. Jadilah aku dan Abel melayani para pantia diselingi menikmati makan siang kami.

Itulah pengalaman seru dan unik yang aku alami selama menjalankan homeschooling. Kalau diingat-ingat, sebenarnya masih banyak pengalaman lainnya yang aku alami, tetapi sepertinya OFEST 2017 adalah pengalaman yang paling unik! Dulu, sebelumnya aku kira ketika kali pertama aku memilih homeschooling aku tidak akan menemukan kegiatan semacam mengadakan acara Pentas Seni atau Pensi, eh ternyata ada OFEST!

Mungkin seandainya aku masih bersekolah formal, aku akan aktif mengikuti kegiatan organisasi seperti OSIS, ya!

Artikel Lainnya

Saya dan Kegiatan Harian Yang Menyenangkan

Sebagai anak homeschooler atau lebih suka saya sebut dengan ‘independent learner’ banyak waktu luang yang diperoleh karena tidak ada aktivitas sekolah. Namun, banyak orang berpikir homeschooiing artinya tidak banyak kerjaan atau bisa dibilang “nganggur” terus setiap hari.

Kegiatan Seru Bersama di 2018

When I say a lot has happened this year, I mean it. Bagi kami, anak-anak homeschooling, tahun 2018 adalah tahun superpadat dengan kegiatan di Pramuka Oase.

OFEST 2017 vs OFEST 2019

Apakah teman-teman masih ingat acara OFEST 2017? Yang jelas kuingat adalah, acara OFEST 2017 merupakan acara yang sungguh berkesan. Dua tahun berlalu, kini kami para penggalang OASE sedang mempersiapkan OFEST 2019! Yeaaayyyyy!

Panitia OFEST 2019

OFEST 2019 diselenggarakan oleh Pramuka Penggalang dan Penegak OASE, yang terdiri dari 36 anak usia 11-17 tahun.

Anggota Pramuka OASE adalah anak-anak yang menjalani homeschooling atau pendidikan berbasis keluarga (homeschooling/home education). 

Klub OASE 2018-2019 © All Rights Reserved. Design by Yudhistira G.S.